Selamat Datang!

Inilah Perintah Dasar CMD yang Sering Digunakan Hacker

1. Ping

Perintah pertama ini pasti sudah cukup banyak dikenal untuk Anda yang memang mempelajari dunia teknologi komputer, khususnya jaringan. Anda jangan berpikiran perintah Ping ini mirip dengan PING! yang ada pada aplikasi BBM di smartphone. Perintah ping pada jaringan ini berfungsi untuk melihat parameter koneksi pada sebuah jaringan. Dan, perintah ini pasti adalah perintah pertama yang akan digunakan oleh para hacker jika ingin membobol sebuah sistem keamanan berbasis jaringan. Ping ini termasuk salah satu fungsi pada sistem operasi komputer yang akan mengirimkan paket-paket data kecil.
inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-1-oleh-tekno-segiempatPara hacker akan memonitor ping yang dikirimkan pada sebuah alamat IP pada sistem keamanan tersebut, untuk bisa mengetahui koneksi datanya lancar atau tidak. Semakin besar jumlah time yang muncul pada parameter ping ini, maka itu berarti koneksi jaringan tersebut akan lambat, atau bahkan terputus-putus. Ping juga berfungsi untuk mengetahui alamat IP pada sebuah website. Misalnya saja Anda ingin mengetahui alamat ip dari server situs Google atau Facebook, maka Anda cukup mengetikkan perintah “ping google.com” dan tekan enter. Maka, alamat ip dari server situs google pun bisa Anda lihat. Dan, masih banyak lagi fungsi dari ping pada jaringan ini.

2. Nslookup

inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-2-oleh-tekno-segiempatUntuk bisa membuka fitur Nslookup ini, maka Anda harus membuka halaman CMD Anda terlebih dahulu lalu mengetikkan perintah Nslookup. Di dalam halaman Nslookup ini Anda bisa mengetikkan alamat situs untuk mengetahui alamat ipnya, seperti google tadi. Perintah Nslookup pada jaringan ini pun sering digunakan untuk melakukan diagnosa pada sebuah jaringan yang bermasalah khususnya yang berhubungan dengan DNS. Jadi, fungsi dari Nslookup ini bisa dikatakan memang tidak terlalu jauh berbeda dengan ping di atas. Hanya saja, perinta ping kadang tidak memunculkan ip dari nama komputer pada sebuah jaringan. Tapi, dengan menggunakan perintah nslookup maka Anda bisa dengan mudah menemukan alamat ip dari komputer pada sebuah jaringan LAN.

3. Tracert

Perintah ini biasanya akan digunakan setelah penggunaan perintah ping di atas. Perintah tracert akan disertai dengan alamat ip dari situs atau jaringan tersebut. Perintah tracert salah satu perintah penting saat hacker mulai membobol sebuah jaringan. Karena dengan perintah ini maka hacker mampu melacak paket-paket data bahkan situs apa saja yang dibuka oleh pemilik target pada komputernya. Misalnya, komputer target ini sedang melakukan pengiriman paket data seperti transfer rekening, mengirim file melalui email, maka dengan perintah tracert paket-paket data tersebut akan terbaca, walaupun dalam mode enkripsi yang hanya bisa dipecahkan dengan tool khusus.
inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-3-oleh-tekno-segiempatNah, jika para hacker telah mengetahui adanya lalu lintas jaringan seperti itu, maka bisa saja hacker memotong proses pengiriman tersebut, dan bahkan mengalihkannya

4. ARP

Perintah yang satu ini juga termasuk perintah yang paling sering digunakan oleh para hacker jika sudah kesulitan untuk menyerang melalui alamat IP. Karena perintah ARP ini mampu menampilkan alamat mac address sebuah komputer pada sebuah jaringan. Mac address ini adalah sebuah alamat dari hardaware atau port jaringan yang digunakan oleh komputer target yang tentunya menjadi bawaan atau default dari komputer tersebut. Walaupun memang ada cara merubah mac adress komputer, namun cara ini tentunya hanya bertahan sementara waktu saja. Setelah komputer direset atau diinstal ulang maka mac address default akan kembali.
inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-4-oleh-tekno-segiempatNah, dengan menemukan alamat mac address komputer target dengan perintah ARP ini, maka seorang hacker tentunya akan dengan pulang balik masuk ke dalam komputer targetnya.

5. Route

inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-5-oleh-tekno-segiempatPerintah route ini adalah sebuah perintah yang bisa membuat jalur baru pada sebuah jaringan komputer. Perintah ini pun umumnya digunakan para hacker jika sudah berhasil pada masuk jaringan LAN atau WAN sistem keamanan dari sebuah kantor. Jika sudah berhasil masuk menggunakan perintah ini, maka seorang hacker pun mampu mengetahui setiap aktivitas yang terjadi pada lalu lintas jaringan tersebut, bahkan bisa mengetahui host, gateway dan juga destinasi dari jaringan.

6. Ipconfig

inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-6-oleh-tekno-segiempatIni termasuk perintah umum yang juga sering digunakan baik para hacker atau pun teknisi jaringan. Karena, perintah ini memang digunakan untuk melihat sebuah informasi IP pada sebuah komputer. Fungsi dari perintah ipconfig ini sebenarnya cukup banyak. Bahkan perintah ini bisa Anda gunakan untuk menggonta-ganti alamat IP komputer, atau mereset settingan jaringan dari komputer tersebut, apalagi jika jaringan tersebut harus menggunakan protokol DHCP. Anda bisa melihat setiap fugnsi dan juga perintah tambahanya pada layar CMD komputer Anda dengan mengetikkan perintah “ipconfig /?”, maka semua perintah ipconfig dan penjelasannya pun akan ditampilkan. Hanya saja, Anda harus mengerti bahasa inggris dulu ya!

7. Netstat

inilah-perintah-dasar-cmd-yang-sering-digunakan-hacker-7-oleh-tekno-segiempatPerintah ini akan membantu Anda untuk melihat statistik dari jaringan yang ada pada komputer Anda. Dengan mengetikkan perintah netstat pada halaman CMD Anda, maka Anda pun bisa melihat aktivitas jaringan yang sedang dilakukan oleh komputer lainnya yang terhubung pada jaringan yang sama. Informasi yang ditampilkan oleh perintah netstat ini bahkan lebih detail dan juga lengkap dengan port-port yang digunakan oleh komputer. Anda cukup mengetikkan perintah “netstat /?” untuk melihat semua perintah layanan dari netstat ini dengan detail dan lengkap.
Nah, itulah beberapa perintah yang banyak digunakan oleh para hacker saat melakukan proses pembobolan sistem keamanan jaringan atau sebuah komputer pada sebuah jaringan yang sama. Sebenarnya perintah-perintah tersebtu di atas adalah perintah umum yang juga digunakan oleh para teknisi jaringan. Hanya saja dengan sedikit modifikasi dan juga tambahan tools, maka seorang hacker mampu membobol sistem keamanan jaringan dengan perintah CMD dasar di atas.
Share this post :
Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

BANNER BOARD

 
Support : dzulcyber.com | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Sebuah Nama Sebuah Cerita - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger